Jumat, 22 Agustus 2008

tugas akhir mata kuliah komunikasi bisnis - Peranan website sebagai sarana komunikasi bisnis dan pencitraan perusahaan

Website perusahaan atau corporate website dapat diartikan sebagai suatu website yang memuat segala informasi resmi mengenai perusahaan. Informasi tersebut umumnya bersifat statis alias tidak akan terlalu sering diupdate dan hanya untuk dikomunikasikan satu arah, seperti informasi tentang visi-misi perusahaan, struktur organisasi perusahaan, jenis jasa dan produk yang ditawarkan, alamat usaha dan sejenisnya. Namun pada website perusahaan terdapat juga informasi-informasi yang lebih dinamis dan semestinya diperbaharui secara berkala, minimal setidaknya satu kali dalam periode satu bulan, misalnya informasi tentang berita perusahaan, topik aktual, artikel ataupun promosi produk dan jasa perusahaan. Informasi-informasi seperti inilah yang sebenarnya bisa membuat pengunjung datang secara rutin ke website perusahaan.
Harus diyakini sebuah
corporate website adalah sebuah situs 'informasi', dimana para pengunjung ingin mendapatkan informasi atau sering disebut juga sebagai content yang mereka harapkan dapat ditemui di website tersebut. Dengan demikian, informasi atau content menjadi komoditi yang paling berharga bagi pengunjung sebuah website, bukan hanya sekedar tampilan desain yang bagus, atau penggunaan teknologi yang canggih. Informasi pada website perusahaan jelas harus terus menerus diperbaharui agar tidak usang dan minim, serta harus diatur penempatannya agar mudah ditemukan, terlebih jika informasi dalam website tersebut sudah terlalu banyak.
Informasi harus bisa ditampilkan secara baik sesuai kebutuhan pengunjung. Penampilan informasi yang baik dalam website, berarti harus memenuhi kebutuhan tampilan secara informasional maupun visual. Intinya, penempatan informasi berupa text dan gambar pada setiap halaman situs harus didesain secara rapih, terstruktur dan memudahkan untuk diakses.
Memiliki situs web bagi sebuah perusahaan dianggap merupakan salahsatu langkah dalam mewujudkan e-business bagi usaha mereka. Fungsi website adalah sebagai media pemasaran dan identitas bagi perusahaan. Pemasaran secara online yang dilakukan perusahaan adalah merupakan proses implementasi marketing plan perusahaan kedalam media internet, yaitu teknologi informasi berbasis web.
Saat ini website adalah bagian penting dari usaha apapun. Ukuran ataupun jenis usaha tidak mengurangi kebutuhan akan sebuah website. Internet sudah sangat populer dan semua orang mengharapkan bahwa sebuah perusahaan pasti memiliki websitenya sendiri dan sebuah perusahaan yang belum memiliki website terkadang dilihat kurang kredibel. Website akan memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan usaha. Website yang baik akan menarik perhatian pelanggan potensial. Design website suatu perusahaan adalah tampilan luar dari usaha yang dijalankan. Jadi dengan memiliki website yang impresif merupakan sesuatu yang selayaknya diprioritaskan.
Jika suatu perusahaan sudah mempunyai website, mungkin perusahaan tersebut ingin merubah keseluruhan tampilannya atau ingin membuat design web yang baru. Salahsatu cara untuk melakukan seluruh proses tersebut adalah dengan memahami tehnik perancangan website. Biasanya suatu perusahaan menggunakan jasa perusahaan design ataupun web designer. Apakah sifatnya design website perorangan, perusahaan atau korporasi.
Suatu website sebagai sarana komunikasi yang baik memiliki ciri-ciri :

  1. Mudah digunakan

  2. Dibuat berdasarkan fungsi

  3. Adanya kebutuhan khusus

  4. Sebagai sarana internet marketing

Hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk mengundang pengunjung datang ke website perusahaan, adalah keberadaan program pemeliharaan (maintenance) dan promosi website secara berkala dan terus-menerus. Program pemeliharaan website harus mencakup seluruh aspek pemeliharaan yang terkait dengan website, seperti pemeliharaan content, pengembangan fungsionalitas, perubahan design, pelatihan SDM, dan evaluasi kinerja website selama periode tertentu.
Sementara, untuk program promosi website dapat dilakukan secara online melalui pengiriman e-newsletter kepada sebanyak mungkin stakeholders perusahaan, atau melakukan integrasi program promosi yang dilakukan baik secara online maupun offline. Artinya, website dapat menjadi alternatif media promosi bagi perusahaan tetapi sekaligus juga kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan perusahaan secara offline selalu mempromosikan keberadaan website perusahaan dengan berbagai cara. Selain itu, secara rutin mendaftarkan diri ke beberapa search engine untuk beberapa kategori informasi biasanya juga cukup efektif. Karena search engine terutama yang sudah besar seperti Google, AltaVista dan Yahoo! telah menjadi pilihan banyak orang di seluruh dunia dalam mencari informasi di internet.
Kedua program ini tentunya dapat dilakukan baik oleh pihak internal perusahaan maupun dengan cara bekerjasama melibatkan vendor pembuat website yang kompeten. Cara kedua ini menjadi sebuah pilihan, apabila perusahaan belum memiliki tim teknologi informasi yang solid untuk me-manage website perusahaan atau jika tim teknologi yang ada sehari-harinya harus terus melayani kebutuhan perusahaan secara operasional. Untuk itu, dianjurkan bekerjasama dengan pihak luar perusahaan yang kompeten dan memiliki track-record yang baik dalam pengembangan website perusahaan. Tentunya, keterlibatan pihak internal perusahaan tetap mutlak diperlukan, terutama dalam menyiapkan standarisasi dan perencanaan tahapan pengembangan website perusahaan yang akan menjadi rujukan bagi pihak vendor dalam bekerja.
Untuk perusahaan yang tidak mau bersusah payah menyewa seorang web desainer, sebenarnya sekarang ini sudah banyak website penyedia kontent/template website, baik yang gratis maupun yang bayar. Penerapannya pun bermacam-macam mulai dari yang sederhana sehingga dapat dikerjakan oleh orang yang awam/tidak begitu menguasai teknik web desain, hingga template yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi dalam penerapannya.

Kesimpulan

  1. Suatu website dapat merupakan pencitraan dari seseorang/perusahaan. Penerapan desain website yang baik merupakan suatu sarana komunikasi bisnis yang efektif bagi perusahaan dengan para konsumen. Contohnya perusahaan besar di Indonesia seperti PT. Telkom, Indosat, dan lain-lain memiliki website dengan desain dan ciri khas maing-masing yang merepresentasikan perusahaannya.

  2. Semakin tingginya pengguna internet membuat website menjadi sebuah sarana promosi yang efektif bagi sebuah perusahaan.

  3. Semakin tingginya minat sebuah perusahaan untuk memiliki website dapat membuka peluang usaha web desainer/web developer karena masih sedikitnya orang yang memiliki kompetensi dalam bisnis ini.

  4. Peranan web desainer/web developer, yang berupa individu maupun perusahaan sangat penting dalam membangun sebuah website, karena tidak sembarang orang dapat melakukannya mulai dari perancangan hingga pemeliharaan. Karena sebuah website yang baik harus terus diperbaharui isinya sehingga akan dapat terus menerus menarik orang untuk mengunjungi web tersebut.

  5. Website perusahaan yang baik harus merupakan media komunikasi dua arah, sehingga akan tercipta interaksi antara perusahaan dengan konsumen.


Tidak ada komentar: